Cara Install Windows – Xp, Seven 7 Dan Vista

Cara Install Windows - Xp, Seven 7 Dan Vista

Cara Install Windows

Install Windows XP dan Seven – Bagi sebagian orang cara menginstal ulang Windows XP atau Windows 7 pada Komputer, PC atau Laptop merupakan suatu hal yang sangatlah mudah sekali. Namun bagi sebagian orang yang baru mencoba atau orang awam yang mulai belajar menginstal ulang Windows XP atau 7 (Seven), hal ini menjadi momok yang mengerikan dan dianggap cukup menyulitkan. Ada yang takut komputernya rusak, data hilang dan sebagainya. Padahal untuk melakukan itu semua bisa dibilang tidak memerlukan skill IT apapun. Bagi mamang sendiri hal ini wajar, mengingat teknologi kadang sulit untuk diikuti bagi orang awam yang malas mengikuti updatenya. Yang ingin mamang tekankan adalah “Instal windows” baik XP atau SEVEN sangatlah mudah. Kamu pasti bisa, ga perlu membayar jutaan untuk ikut les privat di bimbingan belajar. Simak aja langkah-langkah berikut ini. Kali ini mamang akan memperlihatkan cara install ulang windows XP, karena bila sudah bisa Install windows XP mamang jamin 100% kalian pasti bisa menginstall windows SEVEN atau VISTA sekalipun.

Berikut ini adalah uraian tutorial tahap demi tahap cara untuk menginstall Ulang Windows XP semua seri, lengkap beserta screenshoot gambarnya :

1. Langkah Pertama, masukkan dahulu CD Windows Xp yang kamu ingin gunakan sebagai installer, pastikan CD tersebut tidaklah lecet, sekarang kamu Restart Komputermu pada saat awal PC menyala tekan tombol F2 atau DEL untuk masuk ke menu BIOS (WARNA BIRU) untuk melakukan setup Booting di menu Bios. Terkadang ada pilihan kamu harus menekan tombol Del, dengan tulisan “Press del to Enter setup”.

2. Jika kamu sudah masuk ke dalam menu Bios, akan terlihat tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Mungkin akan berbeda tampilannya disetiap komputer karena tipe motherboard yang berbeda-beda, tapi jangan takut intinya sama saja kok, tinggal kamu sesuaikan saja.

Tampilan BIOS Setup

Tampilan BIOS Setup

3. Pada menu Boot, kamu pilih Boot Device Priority. Dan pastikan pada menu “First Boot” sudah kamu pilih dengan CDROOM. keterangan : ini menginstruksikan PC kamu untuk Booting menggunakan CD XP tadi. Kemudian tekanlah tombol F10 di keyboard untuk menyimpan settingan ini dan exit. Saat ini komputer kamu akan restart otomatis(Normal).

Pilihan Menu Booting

Pilihan Menu Booting

4. Setelah PC melakukan proses Restart, maka akan muncul tulisan “Pres any key to boot from CD” kamu tekan tombol spasi pada keyboard (kamu bisa menekan tombol apa saja selain spasi).

5. Bila sudah terlihat seperti pada tampilan berikut ini, kamu tekan “Enter” untuk melanjutkan proses install atau “R” untuk melakukan “reparasi Windows” pada Recovery Console. Karena kita ingin melanjutkan maka kamu tekan “enter”.

6. Pada tampilan menu “License Agreement” kamu tekan tombol F8 pada keyboard untuk melanjutkan.

Agreement Pemakaian Windows

Agreement Pemakaian Windows

7. Selanjutnya pada pilihan menu partisi hardisk, kamu pilih pada pilihan partisi drive C: kemudian tekan tombol “D” untuk melakukan proses delete (pembersihan data windows lama) pada partisi C: . Kemudian kamu tekan tombol “L” untuk melanjutkan konfirmasi proses delete data di drive c tadi. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi dual booting akibat sisa file windows lama yang masih tertinggal di drive c: .