Cara Install Windows – Xp, Seven 7 Dan Vista

Cara Install Windows - Xp, Seven 7 Dan Vista

Cara Install Windows

Install Windows XP dan Seven – Bagi sebagian orang cara menginstal ulang Windows XP atau Windows 7 pada Komputer, PC atau Laptop merupakan suatu hal yang sangatlah mudah sekali. Namun bagi sebagian orang yang baru mencoba atau orang awam yang mulai belajar menginstal ulang Windows XP atau 7 (Seven), hal ini menjadi momok yang mengerikan dan dianggap cukup menyulitkan. Ada yang takut komputernya rusak, data hilang dan sebagainya. Padahal untuk melakukan itu semua bisa dibilang tidak memerlukan skill IT apapun. Bagi mamang sendiri hal ini wajar, mengingat teknologi kadang sulit untuk diikuti bagi orang awam yang malas mengikuti updatenya. Yang ingin mamang tekankan adalah “Instal windows” baik XP atau SEVEN sangatlah mudah. Kamu pasti bisa, ga perlu membayar jutaan untuk ikut les privat di bimbingan belajar. Simak aja langkah-langkah berikut ini. Kali ini mamang akan memperlihatkan cara install ulang windows XP, karena bila sudah bisa Install windows XP mamang jamin 100% kalian pasti bisa menginstall windows SEVEN atau VISTA sekalipun.

Berikut ini adalah uraian tutorial tahap demi tahap cara untuk menginstall Ulang Windows XP semua seri, lengkap beserta screenshoot gambarnya :

1. Langkah Pertama, masukkan dahulu CD Windows Xp yang kamu ingin gunakan sebagai installer, pastikan CD tersebut tidaklah lecet, sekarang kamu Restart Komputermu pada saat awal PC menyala tekan tombol F2 atau DEL untuk masuk ke menu BIOS (WARNA BIRU) untuk melakukan setup Booting di menu Bios. Terkadang ada pilihan kamu harus menekan tombol Del, dengan tulisan “Press del to Enter setup”.

2. Jika kamu sudah masuk ke dalam menu Bios, akan terlihat tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Mungkin akan berbeda tampilannya disetiap komputer karena tipe motherboard yang berbeda-beda, tapi jangan takut intinya sama saja kok, tinggal kamu sesuaikan saja.

Tampilan BIOS Setup

Tampilan BIOS Setup

3. Pada menu Boot, kamu pilih Boot Device Priority. Dan pastikan pada menu “First Boot” sudah kamu pilih dengan CDROOM. keterangan : ini menginstruksikan PC kamu untuk Booting menggunakan CD XP tadi. Kemudian tekanlah tombol F10 di keyboard untuk menyimpan settingan ini dan exit. Saat ini komputer kamu akan restart otomatis(Normal).

Pilihan Menu Booting

Pilihan Menu Booting

4. Setelah PC melakukan proses Restart, maka akan muncul tulisan “Pres any key to boot from CD” kamu tekan tombol spasi pada keyboard (kamu bisa menekan tombol apa saja selain spasi).

5. Bila sudah terlihat seperti pada tampilan berikut ini, kamu tekan “Enter” untuk melanjutkan proses install atau “R” untuk melakukan “reparasi Windows” pada Recovery Console. Karena kita ingin melanjutkan maka kamu tekan “enter”.

6. Pada tampilan menu “License Agreement” kamu tekan tombol F8 pada keyboard untuk melanjutkan.

Agreement Pemakaian Windows

Agreement Pemakaian Windows

7. Selanjutnya pada pilihan menu partisi hardisk, kamu pilih pada pilihan partisi drive C: kemudian tekan tombol “D” untuk melakukan proses delete (pembersihan data windows lama) pada partisi C: . Kemudian kamu tekan tombol “L” untuk melanjutkan konfirmasi proses delete data di drive c tadi. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi dual booting akibat sisa file windows lama yang masih tertinggal di drive c: .

Pilihan Menu Partisi Hard Disk

Pilihan Menu Partisi Hard Disk

8. Pada partisi C: yang telah kamu hapus tadi, tekanlah tombol “c” untuk meng-create atau membuat partisi yang baru. Isikan dengan angka / jumlah kapasitas hardisk kamu, 1000MB = 1GB jadi kamu perhitungkan sendiri. Pake calculator boleh kok he..he.. atau jangan khawatir biasanya sudah terisi otomatis dengan jumlah kapasitas maksimum dan kamu hanya tinggal menekan tombol “ENTER”.

9. Tekanlah tombol “Enter” pada partisi C: tadi untuk memulai proses Installasi dan pilihlah “NTFS file system (Quick)” untuk proses FORMAT yang lebih cepat, kamu juga bisa memilih FAT file system (Quick) kemudian tekan Enter.

Pilihan Quick Format

Pilihan Quick Format

10. Jika hal ini sudah kamu lewati, maka proses installasi Windows XP sudah berjalan seperti gambar yang terlihat dibawah ini:

Installasi Windows Berjalan

Installasi Windows Berjalan

11. Apabila proses setup XP selesai, maka PC kamu akan restart dengan sendirinya (Normal), dan akan kembali terlihat tulisan “Pres any key to boot from CD”, kamu abaikan saja dan tunggu sampai muncul gambar seperti dibawah ini:

PC Restart (Normal)

PC Restart (Normal)

12. Pada tahap ini akan tampil menu seperti berikut, dan segera kamu klik tombol “Next”.

Regional Language

Regional Language

13. Kemudian kamu isi dengan nama dan organisasi yang diinginkan kemudian tekan tombol “Next”.

Isi Nama Pengguna

Isi Nama Pengguna

14. Isilah Produk Key atau serial Number yang ada pada kotak CD dan tekan tombol Next. (cari di google bila SN tidak ada, ketik aja : SN WINDOWS XP hehe).

Isian SN Windows XP

Isian SN Windows XP

15. Isilah nama komputer kamu dan passwordnya (atau bagian password bisa dikosongkan saja) dan tekan tombol “Next”.

Nama PC dan Password

Nama PC dan Password

16. Pada Timezone kamu “Set Time Zone” pada pilihan “Hanoi-Bangkok-Jakarta” dan klik tombol “Next”.

Pilihan TimeZone

Pilihan TimeZone

17. Bila berhasil maka akan tampil gambar seperti yang terlihat di bawah ini, biarkan sampai pc kamu Restart.

Instalasi Windows XP

Instalasi Windows XP

18. Kemudian, pada menu “Welcome To Microsoft Windows” Tekan Next.

19. Pada bagian menu pilihan “Help Protect PC” pilihlah “not right now”.

Windows Berhasil Terinstall Dengan Sempurna!

Windows Berhasil Terinstall Dengan Sempurna!

20. Langkah selanjutnya kamu tinggal menekan “Next” dan tombol “FINISH”, dan Selamat! Install ulang Windows XP telah berhasil kamu lakukan. Sempurna! Mudah kan? Semudah mengisi pulsa online di mangpulsa, tinggal Klik-Klik pulsa, token pln atau voucher game udah berada di tangan kamu.

Mau Beli Pulsa, Token PLN, Voucher Game? Klik disini

Protected by Copyscape Duplicate Content Penalty Protection

Tips mangpulsa
, , , , , , , , .
permalink.

8 Responses to Cara Install Windows – Xp, Seven 7 Dan Vista

  1. BIT says:

    Mau nanya, kalo tombol deretan atas (esc – del) sudah rusak, apakah ada solusi lain untuk masuk ke setting BIOS?

    Terima kasih

  2. sulaemandiki says:

    terimakasih informasinya, saya akan coba

  3. Tutorialnya mudah dimengerti :) Thanks

  4. wah.. thanks infonya sangat bermanfaat
    kunjungi http://indofajarblog.blogspot.com/